Wednesday 5 February 2020

Cara Aktivasi Akun SIA bagi Mahasiswa Universitas Terbuka

Postingan berikut merupakan lanjutan dari postingan sebelumnnya.

Bagi calon mahasiswa yang telah mendaftar, diwajibkan untuk melakukan aktivasi akun SIA di alamat sia.ut.ac.id.

Akun SIA ini berfungsi sebagai wadah informasi mahasiswa seperti data pribadi, rekap mata kuliah yang diambil tiap semester, rekap nilai semester, LKAM (Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa), dan masih banyak menu lain yang ada di akun SIA. Berikut ini kami berikan petunjuk cara pengaktifan akun.

  1. Masuk laman sia.ut.ac.id
  2. pilih menu register akun (gambar kotak merah bernomor 1)
  3. pilih menu warna biru "REGISTER MAHASISWA UT"


  4. Masukkan NIM, Tanggal lahir, dan alamat email seperti pada gambar        berikut. 


Untuk alamat email diharuskan memasukkan alamat Google- Mail (Gmail)  yang masih aktif. 1 (satu) akun google untuk 1 NIM. 

Setelah mahasiswa meng-klik " aktivasi Akun", sistem akan mengirimkan tautan aktivasi pada alamat email mahasiswa. Silahkan buka email yang didaftarkan pada akun SIA dengan mengecek folder INBOX atau SPAM di email dan silahkan klik tautan email yang dikirimkan. Bagi yang belum mendapat tautan, silahkan menunggu 1x24 jam. Namun jika dalam 1x24 jam, link tautan masih belum ada, mahasiswa dapat melakukan aktivasi kembali dengan cara yang sama seperti yang telah kami jelaskan di atas. 

Namun, jika terdapat keterangan "NIM dan Email sudah digunakan", silahkan klik 
- aktivasi & login
- login

Setelah itu silahkan klik "forgot your password"

buka email kembali dan klik tautan yang dikirimkan untuk melakukan reset password. Jika mahasiswa berhasil dalam melakukan aktivasi sia, maka tampilan akun akan terlihat seperti gambar di bawah ini:


Dari tampilan di atas, silahkan klik masuk pada menu "Sarjana dan Diploma FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP". Itulah langkah dalam melakukan aktivasi akun SIA. 

Untuk penjelasan lainnya tentang menu yang ada di sia dapat dilihat di menu lain dalam blog ini. Silahkan pilih menu lain yang ingin dipelajari mengenai Universitas Terbuka. 

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Cara Aktivasi Akun SIA bagi Mahasiswa Universitas Terbuka

Postingan berikut merupakan lanjutan dari postingan sebelumnnya . Bagi calon mahasiswa yang telah mendaftar, diwajibkan untuk melakukan...