Sunday 2 February 2020

PERBEDAAN ANTARA LAYANAN SISTEM PAKET SEMESTER (SIPAS) DENGAN SISTEM MAINDIRI (ONLINE) DI UNIVERSITAS TERBUKA

Universitas Terbuka memiliki dua layanan dalam pemilihan sistem pendidikan, yaitu layanan mandiri (online) dan layanan sistem paket semester atau yang biasa disebut SIPAS.

Sistem layanan mandiri adalah sistem layanan yang membutuhkan peran mahasiswa dalam menentukan mata kuliah yang ingin diambil. 

Mahasiswa dapat melihat daftar mata kuliah yang ingin diambil pada tiap semester di katalog Pendidikan UT. Katalog ini dapat diakses di ut.ac.id/katalog.

Untuk SIPAS itu sendiri, UT memiliki 4 jenis layanan:
  1. SIPAS NON TTM
       Sipas non TTM adalah jenis layanan paket yang seluruh mata kuliah yang diambil hanya dapat ditempuh secara online melalui elearning.ut.ac.id. Jika mahasiswa menginginkan kelas tatap muka, maka mahasiswa yang bersangkutan harus mendaftar layanan TTM ATPEM (Atas Pemintaan). Pendaftaran TTM ATPEM dapat dilakukan dengan menghubungi Penanggung Jawab Wilayah (PJW) / Kelompok Belajar (Pokjar) Masing-masing. Kuota kelas TTM ATPEM adalah sebanyak 20 mahasiswa. Sehingga jika pendaftar TTM ATPEM kurang dari 20 mahasiswa maka TTM ATPEM tersebut tidak dapat diadakan.  

    2. SIPAS SEMI
        Sipas semi adalah layanan paket semester yang setengah dari paket /matakuliah yang diambil adalah layanan tatap muka dan setengahnya adalah layanan online. Layanan ini dapat diambil jika memenuhi kuota min 20 mahasiswa / kelas. 

   3. SIPAS PENUH
       Sipas Penuh adalah layanan paket yang seluruh mata kuliah yang diambil merupakan layanan tatap muka. Layanan ini dapat diambil jika memenuhi kuota min 20 mahasiswa / kelas. 

   4. SIPAS PLUS
       Paket layanan sipas plus hanya diperuntukkan bagi mahasiswa beasiswa. 


Perbedaan dari antara layanan Sipas dan non-sipas (mandiri) yaitu:


Karena perbedaan tersebut, diwajibkan mahasiswa untuk selalu melihat katalog Kurikulum (dapat diakses melalui ut.ac.id/katalog) agar tidak terjadi jam ujian bentrok.


Bagi mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mengganti layanan SIPAS maupun NON-SIPAS. Oleh karena itu, silahkan mahasiswa pertimbangkan dengan matang sistem layanan apa yang ingin dipilih.

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Cara Aktivasi Akun SIA bagi Mahasiswa Universitas Terbuka

Postingan berikut merupakan lanjutan dari postingan sebelumnnya . Bagi calon mahasiswa yang telah mendaftar, diwajibkan untuk melakukan...